Rabu, 15 Juni 2011

MARI BERKEBUN KAWAN!!!

            Teman-teman tahu berkebun ? Apa teman-teman senang berkebun ??

Mungkin beberapa diantara teman-teman ada yang kurang suka dengan aktivitas outdoor  seperti berkebun  ini misalnya karena ga suka panas-panasan atau takut jadi hitam..tapi mungkin sebagian diantara teman-teman ada juga yang hobinya berkebun ? menanam bunga mungkin atau hanya sekedar menata tanaman  
Berkebun memang menyenangkan dan mungkin menjadi hobi bagi sebagian orang. Tapi, apa teman-teman sudah tahu kalau berkebun itu bisa bermanfaat loh bagi penderita hipertensi dan diabetes?? Selain itu bisa memperpanjang umur jg loh.. Hah??kok bisa ya?yu kita liat, kenapa berkebun bisa bikin umur kita tambah panjang...check it out 
Pada dasarnya yang namanya manusia itu selalu suka sama semua hal yang indah-indah. Iya ga teman-teman?nah, ini termasuk menikmati pemandangan indah dari kebun kecil yang kita punya di depan atau di belakang rumah. Apa coba rasanya kalau kita keluar rumah dan liat kebun kita yang penuh dengan tanaman yang beraneka ragam dan full colour? pasti bikin mata kita adem dan betah lama-lama nongkrong disana kan.
Apalagi nih kalau teman-teman lagi suntuk, mumet, banyak masalah, atau bahasa anak jaman sekarang lagi “galau” katanya, berkebun bisa jadi salah satu alternatif loh buat teman-teman ngilangin stress, melampiaskan kekesalan, atau mengalihkan pikiran teman-teman sejenak dari semua rutinitas yang bikin kalian suntuk dan mumet. Meskipun tidak menyelesaikan masalah yang kita punya, tapi setidaknya berkebun bisa menjadi sarana yang mudah dan sederhana untuk menyegarkan kembali pikiran kita. Alhasil, kita bisa berpikir dengan jernih dan siap untuk kembali ke rutinitas kita biasanya.
Bahkan menurut penelitian seorang neuropsychologist Paul Nussbaum, berkebun merupakan latihan mental yang memerlukan perencanaan dan tinjauan ke masa depan serta dapat mendorong pembelajaran. Penelitian lain juga menyatakan bahwa berkebun dapat membuat kondisi psikologis seseorang menjadi lebih baik dan dapat menurunkan tingkat stress seseorang dan mengurangi risiko kepikunan. Selain menurunnya tingkat stres dan risiko kepikunan, berkebun menurut peneliti dari Denmark juga apabila dilakukan 30 menit setiap hari dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol seseorang sehingga terhindar dari problem hipertensi dan dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Berkebun juga dapat mengatasi masalah impotensi atau disfungsi ereksi bagi pria. Dengan berkebun untuk pria, akan menurunkan risiko impotensi. Aktivitas berkebun juga memungkinkan kita terpapar sinar matahari yang dapat membantu tubuh memproduksi vitamin D yang berfungsi memperkuat tulang dan mencegah kanker. woow wooow !!
Nah, teman-teman tahu ga,,kalau kita berkebun, energi yang kita keluarkan sama seperti kalau kita berolahraga loh..Tahukah teman-teman berapa banyak kalori yang dibakar selama kegiatan berkebun?? Jumlah kalori yang dibakar selama berkebun antara 280 kalori hingga 380 kalori per jam. Jumlah kalori yang terbakar ini setara dengan jumlah energi yang dibutuhkan untuk melakukan jogging selama 30 menit, berlari dengan jarak 2,5 km atau berolahraga di gym yang akan menghabiskan banyak uang. Wooww !
Nah karena banyaknya kalori yang terbakar saat berkebun, maka hal tersebut akan berpengaruh langsung terhadap kadar gula dalam tubuh. Jumlah gula karbohidrat yang terbakar akan cukup banyak sehingga bagus bagi penderita diabetes untuk berkebun. Selain itu, studi dari University of Alabama menemukan, pasien diabetes tipe 2 yang aktif, termasuk mereka yang berkebun secara teratur, memerlukan lebih sedikit obat atau tidak memerlukan obat sama sekali !! amazing !!
Dari semua manfaat berkebun yang sudah dipaparkan tadi, ada satu lagi nih teman-teman dampak positif tidak langsungnya dari berkebun bagi kita. Apa itu ??
Ternyata lagi-lagi menurut penelitian, berkebun bisa memperpanjang umur kita loh..ko bisa ya ?? hmmm..ternyata semua ini karena berkebun bisa menyebabkan kesehatan kita stabil serta pikiran kita semakin tenang dan perasaan kita nyaman, maka hal ini akan mempengaruhi kepada usia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang senang berkebun rata-rata memiliki jangka waktu hidup lebih lama dibandingkan mereka yang tidak menyukai berkebun. 
Nah,,banyak banget kan tuh manfaat berkebun teman-teman, ga hanya sekedar untuk estetika pekaarangan rumah kita aja..tapi berkebun bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan kita juga. Aktifitas berkebun seperti memotong rumput, memangkas tanaman, merapikan pot, menanam bunga dan tanaman, memberi pupuk serta menyiram tanaman bisa dilakukan oleh siapa saja, tua atau muda, mahasiswa atau pegawai kantoran semuanya bisa melakukan aktifitas yang sederhana dan mudah ini. Tidak terlalu menguras banyak tenaga, uang, dan waktu tetapi bisa memberikan dampak positif yang besar bagi kesehatan kita tanpa kita sadari.
Teman-teman tertarik untuk berkebun?? J atau teman-teman masih belum percaya dengan paparan-paparan tadi??  
Tunggu apalagi, ayo coba dan buktikan sendiri,,keluarlah ke pekarangan rumah teman-teman dan mulailah aktifitas sederhana ini..Ajak semua anggota keluarga teman-teman untuk melakukan kegiatan ini..Lalu rasakan sensasinya..
Selamat mencoba & salam sehat !! 
Staf ahli kajian strategi & advokasi JMKI Wilayah Priangan
Alinda Permatasari (FKG UNPAD) & Rizka Dewi Rahmiati (FARMASI UNJANI)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More